Tinder

ketika teman2mu pulang. tinder tetap ada di belakang lockscreen smartphone-mu, menunggu kamu untuk bermain main dengannya.

tahu tinder? mungkin masih asing di telinga orang2 Palembang.

tinder adalah salah satu aplikasi gratis berbasis android dan ios, berdasarkan statistik download di-playstore android, aplikasi ini telah diunduh sebanyak lebih dari 50.000.000+, dengan rating 4/5 dari 1.479.960 user. belum lagi pengguna dari ios, bisa jadi lebih dari 100jt total instal tinder. dibuat dan dikembangkan sejak tahun 2012.

tinder adalah aplikasi dating paling terkenal, lebih dari 9 miliar matches (koneksi / hubungan) telah dilakukan oleh tinder.

pengguna aktif harian, terhitung lebih dari 10 juta orang. 1.6 miliar swipe. dan kemungkinan 12% pengguna sudah menikah.

aplikasi ini gratis dan hanya membutuhkan waktu 60 detik untuk mendaftar, tidak ada formulir panjang dan pertanyaan ribet pada aplikasi ini.

user interface yang sangat friendly, ringan dan cantik. terdapat fitur verified account, menghubungkan ke profil instagram, dan lain lain

tinder juga memiliki fitur tinder-plus, untuk akses premium ke fitur yang ada di tinder, contohnya superlike, passport (bisa like di daerah mana saja / pindah lokasi), rewind (mengembalikan yang baru saja di swipe). tinder plus juga memberikan unlimited swift right, jadi pengguna tinder plus bisa men-swipe sebanyak mungkin.

mengapa tinder bisa populer? (berdasarkan deskripsi aplikasi di playstore)

  1. kamu bisa menentukan orang yang mengirim pesan padamu : tidak ada yang bisa mengirim pesan padamu kecuali kamu memilih untuk swipe kanan (tanda suka) profil mereka. ini berarti kamu hanya mendapatkan pesan dari orang yang kamu suka dan orang itu juga suka kamu. kapanpun kamu bisa memutus hubungan dengan orang lain.
  2. semua orang terotentikasi. : semua profil di tinder terotentikasi dengan facebook, jadi bisa membaca profil lebih jauh. untuk memverifikasi identitas.
  3. semua swipe bersifat anonim. orang tidak tahu jika kita swipe left kepada profilnya. dan vice versa.
  4. perhari ada 26 juta match yang dilakukan di aplikasi ini.

bagaimana tinder bekerja :

  1. tinder menampilkan orang orang yang menarik di sekitar kamu.
  2. kamu bisa lihat apa yang orang sukai, foto mereka, baca profilnya, dan menentukan apakah kamu tertarik untuk membuat koneksi dengan dia.
  3. jika kamu tidak tertarik, kamu cukup swipe kiri (tanda tidak suka), tapi jika kamu tertarik, cukup swipe kanan !
  4. jika kamu swipe kanan ke seseorang, dan mereka juga swipe kanan profil kamu, tinder akan menampilkan notifikasi kepada kalian berdua, “it’s a match!” di sini kalian bisa mengirim pesan ke satu sama lain di dalam aplikasi
  5. dan sekarang, ada fitur swipe up, tanda Sangat suka, yang artinya kamu secara spesial tertarik untuk berhubungan dengan mereka.

aplikasi ini dinilai untuk pengguna diatas 18 tahun, dengan alasan “users interact, shares location, digital purchases”

penulis sangat kagum dengan aplikasi ini, developer sadar dengan apa yang banyak orang rasakan, yaitu sulit berkenalan dengan orang baru.

aplikasi ini tentu tidak berdiri sendiri, aplikasi ini dibantu dengan beberapa teknologi yang terdapat di smartphone.

contohnya, untuk menemukan lokasi pengguna dan pengguna lain di sekitar, tinder menggunakan gps. google maps.

selain itu tinder juga integrasi dengan kamera, agar memudahkan pengguna upload foto / selfie.

mengapa tinder bisa menjadi aplikasi fenomenal?

menurut sains, jawabannya simpel, “karena manusia tidak pandai flirting!”. aplikasi ini dapat menyelesaikan masalah tersebut cukup dengan menggerakkan jempol ke layar smartphone.

lucu ya? iya kelihatannya cukup lucu, sebuah masalah besar yang terlihat kecil, lalu dimanfaatkan oleh developer untuk menghasilkan keuntungan. tidak hanya keuntungan bagi developer (in-app purchase, iklan), tapi juga menguntungkan penggunanya, apalagi yang single dan sulit pdkt, hehehe

ketika ditanya ke orang lain tentang aplikasi ini, orang-orang akan menilainya negatif, seperti aplikasi murahan, hina, main2, bahkan adiktif. ada juga yang berkomentar bahwa aplikasi ini merusak citra online dating, dan merendahkan harga diri perempuan. justru malah membuat pergaulan bebas dan penurunan moral.

hmmm, penulis juga penasaran, apakah sebegitu buruknya? jika memang buruk, mengapa banyak developer aplikasi meniru tinder?

ada macam-macam aplikasi sejenis yang meng-copy ide swipe nya tinder,

contoh, Jcrush (jewish tinder), Wyldfire (female-friendly tinder), Loveflutter. mungkin masih banyak yang penulis belum tahu.

bahkan ada yang membuat tinder untuk anjing ! dan tidak cuma satu, wow

dari sudut pandang penulis, aplikasi tinder oke2 saja digunakan.

karena dengan menginstal aplikasi, men-swipe kanan seseorang, melakukan percakapan dengan orang tersebut, dan memutuskan untuk menemui orangnya. ini dilakukan dengan penuh kesadaran (tidak gila). yang artinya cukup pintar untuk mengetahui konsekuensi terhadap apa yang dilakukan. ini urusan pribadi seseorang. bukan urusan saya. hehehe

kita sebagai masyarakat yang baik, seharusnya bisa menggunakan aplikasi ini dengan bijak, tanpa mengurangi nilai harga diri, tanpa membuat image online dating menjadi buruk.

aplikasi ini mempunyai tujuan yang baik. menghubungkan orang, mempertemukan, memberikan teman baru, memperluas lingkaran sosial, dan sebagainya.

jika google keyword berikut “why am i addicted to tinder?”, akan banyak website yang menjelaskan alasan mengapa orang menjadi ketagihan aplikasi ini. malah ada yang menjelaskan efek tinder terhadap hormon maupun reaksi otak. tapi tenang, juga banyak website yang memberikan saran dan langkah langkah agar tidak ketagihan dengan aplikasi ini,

mungkin ini adalah fenomena sosial yang sangat berpengaruh terhadap diri kita, terjadi dilatarbelakangi dengan satu aplikasi simpel, tidak sedikit pengguna yang bergantung dengan aplikasi ini untuk melakukan pdkt, malah menjadi minder ketika melakukan pdkt “old fashioned way”.

jangan coba2 aplikasi ini jika takut dengan dampak buruk yang mungkin saja bisa terjadi pada anda. terdapat fitur report pada aplikasi ini, dapat ditemukan di bagian profil orang lain, pilih menu, lalu report. untuk melaporkan user tersebut ke pihak tinder.

penulis hanya berbagi informasi, tidak secara langsung menyarankan pembaca untuk mencoba aplikasi ini. Saya sendiri ragu ragu untuk mencoba aplikasi ini, karena takut nanti ada teman yang lihat eksistensi saya di online dating ini, tanda saya jomblo, malu doong.. atau ketemu mantan di near me, pasti awkward banget.. ha ha ha

oke, jadi salah satu pemanfaatan teknologi, ya ini. aplikasi match making. aplikasi yang cukup tabu digunakan di indonesia, tapi penulis yakin akan populer juga pada akhirnya.

mungkin saja pemerintah mau memblokir aplikasi ini karena dampak buruk yang dihasilkan, tapi dengan adanya banyak yang butuh, maka mati satu tumbuh seribu. apapun bentuk teknologinya, jika disalahgunakan ya maka jadi salah.

langkah yang sangat baik bagi orang2 yang bisa menemukan peluang, kita tunggu saja inovasi inovasi di masa mendatang hasil kreasi orang2 kreatif, atau kita sendiri yang mencoba untuk membuat aplikasi baru? tak ada salahnya mengimplementasikan sebuah ide menjadi sebuah aplikasi mobile.

mohon maaf jika ada salah kata.

Suwardhana, January 16.

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someoneShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
Posted in Uncategorized