Pemanfaatan Mobile Technology pada Bidang Kesehatan(mhealth)

 

perkembangan smartphone sekarang sudah sangat menjamur di masyarkat, mulai dari anak kecil sampai dengan orang dewasa sering beraktivitas dengan yang namanya smarphone. Pada akhir 2015 diperkirakan sekira 55 juta pengguna smartphone di Indonesia. Sedangkan total penetrasi pertumbuhanya mencapai 37,1 persen (tekno okezone)

Aktivitas orang-orang di smartphone pun beragam mulai dari permainan sampai ke urusan bisnis. menurut rRiset Google bersama TNS Australia mendapati, 50 persen pemilik smartphone di Indonesia menjadikan peranti itu sebagai peralatan telekomunikasi utama, termasuk untuk mengakses internet(tekno kompas).

 

Proses perkembangan dunia teknologi digital telah mempengaruhi banyak bidang. Salah satu bidang yang tengah mengalami penetrasi digitalisasi teknologi adalah di bidang kesehatan. Salah satu pengaruh yang menambah medium bidang kesehatan adalah dengan banyaknya bermunculan aplikasi-aplikasi kesehatan yang dapat dengan mudah diakses melalui perangkat smartphone atau tablet. Sebagai contoh, di negara-negara maju saat ini proses pemeriksanaan kesehatan telinga atau pendengaran anak telah dapat dilakukan menggunakan perangkat smartphone. melalui perangkat tersebut sang dokter dapat mendiagnosa infeksi dan mempersiapkan pengobatan yang tepat untuk pasiennya. Semakin banyaknya aplikasi mobile di bidang kesehatan tentunya akan mempermudah jalannya perawatan pasien.

Seorang peneliti dari Rock Health telah menemukan bahwa saat ini ada sekitar 13.000 aplikasi kesehatan digital. Para pasien saat ini sedikit demi sedikit telah mengikuti perkembang tren ini. Rock Health sebagai penyedia layanan ekosistem kesehatan digital bekerja menjelaskan kekuatan perawatan kesehatan secara mobile serta pengaruh teknologi di bidang kesehatan. Munculnya industri perawatan kesehatan digital saat ini telah membuat langkah yang sangat signifikan di antara para penyedia layanan kesehatan. Rock Health menemukan sekitar 75% pengobatan medis kecil dan medium serta ruang praktik dokter gigi akan mempergunakan tablet dalam beberapa tahun mendatang. Bahkan hampir 40% dokter telah menggunakan aplikasi pengobatan untuk kegiatan kesehariannya. Pengguaan teknologi di bidang kesehatan ini tentunya akan mengurangi biaya perawatan kesehatan serta meningkatkan skala para ahli kesehatan membantu banyak orang.

Sejatinya, teknologi kesehatan mobile ini bukanlah pengganti perawatan kesehatan. Ia adalah bagian dari suplemen proses perawatan kesehatan itu sendiri. Hanya saja aplikasi mobile memiliki faktor komunikasi yang lebih baik antara ahli kesehatan dan pasien itu sendiri. Namun, bisa jadi di masa depan proses perawatan kesehatan dapat Anda lakukan melalui perantara smartphone atau tablet. Hal ini dikarenakan tujuan dari kesehatan digital ini adalah untuk mempraktikkan pengobatan serta medukung kesehatan publik melalui perangkat mobile. Oleh sebab itu ada beberapa kategori aplikasi mobile yang berhubungan terkait hal tersebut

mHealth merupakan salah satu aspek dalam eHealth yang menekankan pada penggunaan teknologi perangkat bergerak (mobile) untuk layanan kesehatan. Dengan penggunaan perangkat bergerak, seperti smartphone, layanan kesehatan dapat menjangkau secara lebih baik pada area, masyarakat, dan praktisi kesehatan yang sebelumnya terbatasi. Perkembangan mHealth saat ini sangat pesat terutama disebabkan oleh dua faktor.

Faktor pertama berkaitan dengan keterbatasan sistem layanan kesehatan yang dirasakan terutama di negara-negara berkembang. Keterbatasan-keterbatasan tersebut diantaranya peninggatan populasi penduduk yang tinggi, penyebaran penyakit yang meluas, petugas layanan kesehatan yang terbatas, padatnya perkotaan, dan sumber dana yang terbatas untuk mendukung infrastruktur layanan kesehatan.

Faktor kedua adalah penetrasi penggunaan teknologi piranti mobile di negara berkembang yang tinggi. Dengan akses penggunaan perangkat mobile yang semakin meluas, termasuk di daerah terpencil, potensi untuk memberikan layanan kesehatan meningkat. Terlebih dengan adanya teknologi smartphone, perkembangan mHelath semakin meluas diantaranya dapat digunakan sebagai teknologi pendukung diagnosis, diagnosis jarak jauh dan telemedicine, navigasi GPS, surveillance, dan pendukung manajemen sistem informasi kesehatan.

Secara umum, aplikasi dalam bidang mHealth dikategorikan sebagai berikut.

Education and awareness

Pengaplikasian ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi untuk mengedukasi dan meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan. Agar menarik pengguna, beberapa diantaranya dilengkapi dengan fitur gamification serta terhubung ke media sosial. Beberapa contoh aplikasi smartphone di kategori ini diantaranya:

Selain itu juga terdapat wearable devices untuk mendukung olahraga seperti FitBit dan Jawbone.

Diagnostic, communication and training for healthcare workers

Pengaplikasian teknologi mobile ini digunakan untuk menyediakan dukungan untuk tenaga layanan kesehatan dalam mendiagosis dan merawat pasien. Contoh aplikasi smartphone untuk mendukung tenaga layanan kesehatan adalah MedScape dan Prognosis : Your Diagnosis. Selain itu juga dapat diterapkan untuk telemedicine, dimana pasien diperiksa secara jarak jauh. Contoh aplikasinya adalah MDLIVE dan eVisit.

Disease surveillance, remote data collection, and epidemic outbreak tracking

Pengaplikasian dalam bidang ini memanfaatkan perangkat mobile dalam mengirim data secara cepat, murah, dan relatif efisien. Data yang meliputi lokasi dan tingkat penyakit dapat membantu pemerintah selaku penentu kebijakan atau organisasi lain untuk memprediksi outbreak dan mengetahui kebutuhan penempatan sumber daya medis.

Contoh penerapannya adalah:

Treatment support and medication compliance for patients

Pengaplikasian ini bertujuan untuk mendukung keberlanjutan perawatan pasien seperti untuk men-track kondisi pasien, pengingat untuk minum obat, dan penjadwalan perawatan. Penerapannya biasanya dilakukan melalui SMS atau dengan aplikasi smartphone. Contoh aplikasi smartphone diantaranya:

Salah satu contoh produk dari kesehatan pada mobile terbaru daru adalah teknologi lensa kontak. Tentu saja, lensa kontak ini bukanlah lensa kontak biasa. Selain berguna sebagai alat bantu pengelihatan seperti pada umumnya, lensa kontak ini juga berguna untuk mengukur kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Google sangat peduli dengan kesehatan dan terus mengembangkan teknologi terbaru ini sejak akhir 2014 hingga saat ini. Tidak main-main, Google ingin produk yang dipasarkannya benar-benar berguna. Karena itu, produk terbaru tersebut dibesut bersama dengan tim peneliti kesehatan ternama, Life Science.

Lalu, bagaimana cara kerja lensa kontak ini jika Anda ingin mengetahui informasi kesehatan seperti kadar gula dalam darah Anda. Google mencoba menawarkan produk yang sederhana dan mudah untuk digunakan.

Karena itu, nantinya lensa kontak tersebut akan dihubungkan dengan Smartphone Anda. Dengan begitu, saat Anda ingin mengetahui kadar gula dalam darah, informasi tersebut akan langsung Anda ketahui melalui smartphone kesayangan Anda.

Keunikan teknologi terbaru Google ini tidak hanya berhenti sampai di sini. Selain mampu mendeteksi kadar gula dalam darah Anda, lensa kontak tersebut mampu memonitor kesehatan jantung. Cara penggunaan lensa kontak ini sama dengan lensa kontak pada umumnya.

Ketika lensa kontak tersebut Anda sematkan pada mata Anda, maka secara otomatis sistem yang ada di dalam lensa kontak akan terhubung ke smartphone. Setelah terhubung, maka dalam waktu singkat, semua informasi kesehatan yang Anda butuhkan bisa Anda dapatkan melalui smartphone kesayangan Anda.

Dengan kerjasama yang apik antara semua pihak Google dan pihak peneliti kesehatan, Life Science, pengembangan lensa kontak pintar ini menjadi lebih cepat. Bahkan, menurut informasi terkini, teknologi terbaru Google ini sudah hampir selesai dan siap untuk dirilis.

Saat ini, lensa kontak besutan Google ini masih dalam tes klinik. Google berharap jika dengan diluncurkannya lensa kontak ini, manusia dapat mendeteksi kesehatan dan penyakit dengan lebih mudah dan cepat.

Tentu saja, Google masih terus mengembangkan teknologi terbaru ini khususnya untuk keakuratan data yang dikeluarkan melalui smartphone. Jika kesehatan Anda bisa dideteksi lebih dini, maka penanganan penyakit terkait dengan gula darah dan jantung akan semakin cepat.

Kemungkinan keselamatan pasien pun lebih tinggi bila penyakit bisa dideteksi lebih dini. Lensa kontak pintar ini masih dibesut di ruang Google X Lab. Jadi, Anda tertarik untuk menggunakan lensa kontak ini? Tentu saja, perkembangan teknologi yang dibesut oleh Google selalu layak untuk ditunggu.

Anda pun harus menantikan apakah Google akan menjual produk ini di Indonesia. Terlepas dari itu, mari tunggu saja kelanjutan dari kabar dirilisnya lensa kontak pintar tersebut dan manfaat teknologi ini bagi kesehatan manusia.

 

sumber : – http://fiki2015.org/2015/08/aplikasi-mhealth/

– http://www.bedahtekno.com/tekno-trivia/teknologi-terbaru-google-untuk-dunia-kesehatan/

Share on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+0Email this to someoneShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
Posted in Uncategorized